Pengertian VSAT




VSAT (Very Small Aperture Terminal)


VSAT adalah singkatan dari (Very Small Aperture Terminal), adalah antena berbentuk parabola kecil yang menggunakan satelit untuk jalur komunikasi. 

VSAT diartikan sebagai suatu terminal pemancar dan penerima transmisi satelit yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung ke hub sentral melalui satelit dengan menggunakan antena parabola berdiameter tertentu. Besar diameter VSAT pada umumnya berkisar antara 0,6 – 2,4 meter, Tapi ada juga besar antena VSAT yang 3 – 6 meter.

Karena menggunakan satelit, sistem telekomunikasi VSAT dapat mencakup jarak yang sangan jauh. VSAT biasanya digunakan untuk langganan internet satelit, data, TV, LAN, Suara dan faksimili serta VoIP

Cara Kerja Very Small Aperture Terminal (VSAT)

cara kerja VSAT

 Secara umum, VSAT bekerja dengan cara sebagai berikut, Setiap penggunana VSAT Terhubungdengan stasiun HUB via satelit dalam telekomunikasi vsat yang umumnya mengunakan topologi Star. Singkatnya topologi star itu berarti menggunakan sebuah antena yang berfungsi sebagai pusat dari seluruh antena. informasi yang akan dikirim akan dilewatkan ke hub lalau kemudian ditransmisikan melalui VSAT di bumimenuju satelit. Bagian satelit akan  bekerja sebagai repeater frekuensi. Informasi yang diterima akan dikuatkan dan dikirimkan kembali dengan frekuensi yang lebih tinggi (retransmisi). Setelah informasi ditrasmisikan, hub di bumi mengontrol seluruh operasi dari jaringan komunikasi tersebut.


Perangkat VSAT
Terminal Antena Sangat Kecil adalah alat di Stasiun Bumi dan digunakan untuk mengirim serta menerima pancaran frekuensi daripada satelit. Antena VSAT berukuran lebih kurang 2 hingga 10 kaki (0.55-2.75 m) dipasang di atap ,dinding atau atas tanah dan pemilihan besar kecilnya antena sangat tergantung pada jenis frekuensi (misalnya C band atau Ku band) yang akan digunakan.


Komponen VSAT

Komponen VSAT, terdiri dari:

1. Unit Luar (Outd) :

-  Antena/dish/parabola ukuran 2 hingga 4 kaki (0.55-2.4 m), yang dipasang pada atap, dinding atau di tanah.
-  BUC (Block Up Converter), yang menghantarkan sinyal informasi ke satelit.Juga sering disebut sebagai Transmitter (Tx).
-  LNB (Low Noise Block ), yang menerima sinyal informasi dari satelit. Juga sering disebut sebagai Receiver (Rx).

2. Unit Dalam (Indoor Unit (IDU)):

-  Modem (Modulator / Demodulator), sebuah alat dipanggil Return Channel Satellite Terminal yang menyambungkan dari unit luar dengan IFL kabel berukuran panjang tidak lebih 50 meter.
-  IFL (Inter Facility Link). Merupakan media penghubung antara ODU & IDU. Fisiknya biasanya berupa kabel dengan jenis koaksial dan biasanya menggunakan konektor jenis BNC (Bayonet Neill-Concelman).


Keungulan dan kekurangan  VSAT

Keunggulan VSAT

1.  Jangkauan terjauh dapat mencapai setengah permukaan bumi karena menggunakan satelit GEO
2.  Pemasangan mudah tidak ribet
3.  Proses trasmisi data cepat (kalau tidak ada gangguan cuaca)

Kekurangan  VSAT

1.  Jarak satelit dan bumi yang relatif jauh mengakibatkan adanya delay propagansi yang signifikan.
2.  Koneksi rentan terhadap gangguan cuaca (hujan)
3.  Memakan tempat, terutama untuk piringannya yang biasanya ukurannya lumayan besar
4.  Lentency yang lebih tinggi dibandikan kabel


Terimaksih Jazakumullah Khair Semoga bermanfa'at..



Previous
Next Post »